JAKARTA, 6 April 2020 — Sebuah platform pelaporan terkait Coronavirus Desease 2019 atau Covid-19 resmi diluncurkan. Diinisiasi sejumlah tokoh CSO, ahli teknologi informasi, praktisi kesehatan masyarakat, dan jurnalis yang tergabung dalam Koalisi Warga untuk Covid-19, platform yang menggunakan aplikasi Whatsapp dan Telegram itu diberi nama “LaporCovid-19”.

Menurut Irma Hidayana, salah satu inisiator, platform ini dibuat untuk memberi kesempatan kepada warga memberikan informasi tentang situasi Covid-10 di sekitarnya yang mungkin belum terdeteksi oleh pemerintah. “Misalnya memberi informasi tentang kondisi dirinya, keluarganya, atau tetangganya yang memiliki gejala serupa Covid-19, atau yang meninggal sebelum mendapat kesempatan tes Covid-19” kata dia di Jakarta, Minggu, 5 April 2020.

LaporCovid-19 akan mengolah dan menganalisis informasi dari warga itu. Hasilnya, akan ditampilkan secara berkala berupa peta sebaran dan data-data lain yang relevan melalui situs www.laporcovid19.org. Para inisiator platform itu menjamin kerahasiaan pemberi informasi. Meski begitu, mekanisme cek-silang antar sesama warga dimungkinkan oleh sistem platform untuk meminimalisasi kekeliruan.

Masyarakat cukup mengakses nomor WA dan Telegram yang disediakan. Di situ, masyarakat hanya diminta mengisi formulir pelaporan yang hanya perlu dijawab menggunakan pilihan tersedia. Untuk menyelesaikan semua pertanyaan, pengguna hanya memerlukan maksimal lima menit.

Danang Widoyoko, Sekretaris Jenderal Transparency International Indonesia yang juga merupakan salah satu inisiator, menyatakan, data dan informasi merupakan faktor terpenting dalam usaha menghentikan wabah yang telah membunuh ratusan warga negara Indonesia itu. “Dengan data yang disediakan sesama warga, diharapkan kecepatan, keterbukaan, dan akurasi data Covid-19 bisa lebih ditingkatkan daripada versi resmi,” ujarnya.

Rajawali, ahli teknologi informasi dan inisiator lainnya, menyatakan, kecepatan memprediksi klaster-klaster baru penyebaran Covid-19 sangat penting untuk menyelamatkan banyak nyawa manusia. “Kita berkejaran dengan virus,” kata dia, “dan data menjadi hal yang sangat berguna.”

Selain ketiganya, inisiator gerakan ini antara lain Ahmad Arif, Ketua Jurnalis Bencana dan Krisis (JBK), Asfinawati (YLBHI), Budi Setyarso (Tempo), Cholil Mahmud (Efek Rumah Kaca), Eryanto Nugroho (Lokataru), Haris Azhar (Hakasasi.id), Hilman Arioaji (U-inspire), Inayah Assegaf (STH Jentera), dan Zen, R.S (NarasiTV).

Selanjutnya, platform LaporCOVID-19 ini bisa diakses melalui WA http://wa.me/6281293149546 atau Telegram http://t.me/laporcovid19bot.

Untuk kontak dan informasi lebih lanjut, hubungi:
Irma Hidayana 0877-8641-7271 (HP)
Danang Widoyoko 0811-1576-764

Platform Gotong Royong Warga terkait Covid-19 Diluncurkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Share Buttons and Icons powered by Ultimatelysocial