Festival AntiKorupsi: Kolaborasi Masyarakt Sipil dalam Melawan Korupsi

Dengan momentum Hari Antikorupsi Sedunia, TI Indonesia menggelar festival Antikorupsi. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dimulai dari 8-14 Desember 2022 digelar di lima wilayah diantaranya Jakarta, Aceh, Makassar, Kupang dan Jember. Rangkaian kegiatan festival antikorupsi diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya Talkshow antikorupsi, stand up comedy, aksi street painting, orasi antikorupsi, pameran koruptor, pameran seni instalasi, Peluncuran Survei Potret Kepercayaan Publik terhadap Lembaga Pengadilan, peluncuran portal database putusan korupsi (korupedia.ti.or.id) hingga pertunjukan musik.

Mengangkat tema “Lingkaran Setan Korupsi Sumber Daya Alam” dengan tagline #TangguhLawanKorupsi, TI Indonesia memandang bahwa problem korupsi yang semakin mewabah di sektor SDA seharusnya juga menjadi ancaman bagi kepentingan publik secara luas. Oleh karena itu publik seharusnya juga semakin aktif menggalang dukungan agar pengelolaan SDA tidak menjadi keuntungan bagi pihak-pihak tertentu.

Tidak hanya isu SDA, Festival Antikorupsi juga membahas isu-isu lain terkait pemberantasan korupsi diantaranya penegakan hukum, pengadaan barang dan jasa, serta beneficial ownership.

Festival AntiKorupsi merupakan kolaborasi antara TI Indonesia dengan Pemerintah Daerah, Lembaga penegak hukum dan berbagai elemen masyarakat sipil diantaranya Akademisi, Mahasiswa, CSO, dan Pelaku seni kreatif (Street art, musik, Stand up comedy, seni instalasi).

Lebih kurang 800 orang di lima wilayah terlibat dalam kegiatan Festival Hakordia. TI Indonesia berharap, rangkaian festival antikorupsi bukan hanya sekedar selebrasi perayaan tahunan. Namun juga menjadi aksi nyata kolaborasi pemerintah dan masyarakat sipil dalam upaya memberantas korupsi di Indonesia.

Berita terkait:

Perayaan Hari Anti Korupsi Sedunia di Makassar Angkat Tema ‘Seni Melawan Korupsi’
Hakordia 2022, GeRAK Aceh ajak pemuda kawal pemilu bebas korupsi
Mimbar Bebas Kolaboratif Hari Anti Korupsi Soroti Pengadaan Barang dan Jasa di Dinas PU Cipta Karya
Peringati Hari Anti Korupsi 2022, Bengkel APPeK NTT dan Pemerintah Desa Oelatimo Gelar Diskusi Publik
Survei TI Indonesia: 10 Persoalan Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Pengadilan
Survei TII : Hakim Punya Peluang Paling Besar Lakukan Korupsi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *