09 Feb
  • By TI Indonesia
  • Cause in

Peluncuran Corruption Perceptions index 2017

Corruption Perception Index, atau yang lebih dikenal dengan CPI, merupakan indeks komposit/gabungan yang mengukur persepsi publik terhadap korupsi di Negara-negara di dunia. Sejak diluncurkan pada tahun 1995 CPI telah digunakan oleh banyak negara sebagai rujukan tentang situasi korupsi periodik tahun per tahun.

Pemerintah Indonesia menggunakan CPI sebagai salah satu ukuran indikator keberhasilan dalam Strategi Nasional PPK. Dalam hal ini Pemerintah Indonesia menargetkan skor CPI pada tahun 2019 mencapai angka 50. Namun jika diamati skor CPI Indonesia lima tahun terakhir belum bergerak naik secara signifikan. Berawal dengan skor 32 pada tahun 2013 dan terakhir 37 pada tahun 2016.

Pada tahun 2018 ini, CPI akan kembali diluncurkan untuk tahun pengukuran 2017. TII memandang perlu adanya peluncuran sebagai salah satu upaya memberikan masukan terkait usaha berbagai pihak, khususnya Pemerintah Indonesia, dalam mencegah dan memberantas korupsi di Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut, TII mengundang Bapak/Ibu/Saudara untuk hadir dalam peluncuran CPI 2017 yang sedianya akan dilakukan pada:

Hari, tanggal :
Kamis, 22 Februari 2018

Waktu :
Pukul 12.00 – 16.00 WIB

Tempat :
Sari Pan Pacific Hotel, Jl. M.H. Thamrin No.6 Jakarta 10340

Opening Speech:
Felia Salim, Ketut Dewan pen gurus TI Indonesia

Penanggap:
1. Agus Raharjo, Ketua Komisi Pemberantasan korupsi (KPK)
2. Yanuar Nugroho, Deputy II Kantor Staf Presiden (KSP)
3. Prahesti Pandanwangi, SH, Sp.N, LL.M, Direktur Hukum dan Regulasi Happens

Moderator:
Dadang Trisasongko, Sekjen TI Indonesia

Untuk konfirmasi atau informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Aulia (+62-857-1999-0766). Atas perhatian dan kehadiran Bapak/Ibu, kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,

Transparency International Indonesia

TI Indonesia
TI Indonesia

Leave a Reply