TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Suara Pemuda Anti Korupsi (SPEAK) kembali menggelar workshop bertajuk “My Dream, My Way, My Action” pada 9-10 September 2011 di Transparency International Indonesia (TI-Indonesia), Jakarta Selatan, sebagai rangkaian awal dari Program Aksi Kita yang diadakan sepanjang 2011.

Tak kurang dari 15 anak muda berusia 15-25 tahun ikut ambil bagian dalam kegiatan yang difasilitatori oleh Transparency International Indonesia dan Ashoka Indonesia tersebut.

Fasilitator SPEAK Retha Dunga, mengatakan bahwa korupsi dipilih sebagao tema karena hal tersebut merupakan isu paling krusial yang dihadapi bangsa ini. Melalui workshop ini ia berharap pihaknya dapat membuka mata para remaja, sekaligus mengajak mereka untuk mentransformasi masa muda mereka menjadi fase yang memperkaya mereka dengan pembelajaran baru.

"Tak melulu tentang korupsi tapi juga bagaimana menerapkan empati, bekerjasama dalam tim, dan leadership sehingga pada akhirnya mereka siap menjadi agent of change bagi bangsa ini,”katanya.

Agar tema korupsi tak lagi dipandang berat dan menakutkan, SPEAK pun sengaja menciptakan suasana penuh keceriaan dalam workshopnya.
 
Agni Yoga Airlangga, Program Director Young Changemakers (YCM) Ashoka Indonesia, menambahkan bahwa para peserta yang usianya baru 12-25 tahun, sudah bisa mengajak 400 anak muda lainnya untuk bergabung dalam tim mereka, untuk memberikan manfaat sosial bagi ribuan anggota masyarakat di komunitasnya.

Program yang diinisiasi oleh Ashoka Indonesia sejak 2005 lalu itu, bertujuan untuk mendorong lahirnya anak-anak muda yang memiliki kesadaran dan mau terlibat aktif sebagai pembbawa perubahan bagi lingkungan sekitarnya.

“Mereka yang sudah bergabung dengan program ini juga berkesempatan untuk bertukar ide dan saling menginspirasi satu sama laintumbuh bersama untuk membangun komunitas dan mewujudkan gagasan inovatif yang mereka miliki,” terang Agni.

Selain berhak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru tentang kewirausahaan sosial, peserta workshop juga berkesempatan mendapatkan pendampingan dari teman sebaya (peer mentor), dan berkonsultasi dengan mentor dari jaringan Young Changemakers, anak-anak muda yang sudah lebih dulu sukses menjalankan gagasan sosia,l sekaligus mengaplikasikan prinsip-prinsip social entrepreneurship.

“Harapan kami, melalui pendampingan dan konsultasi eksklusif tersebut teman-teman peserta workshop akan lebih terdorong untuk mengimplementasikan gagasan sosial yang mereka miliki sekaligus,” imbuhnya.

http://www.tribunnews.com/2011/09/10/speak-kembali-menggelar-workshop-anti-korupsi

 

Sumber :Tribunnews.com