You are as young as your faith, as old as your doubt; as young as your self-confidence, as old as your fear; as young as your hope, as old as your despair. (Douglas MacArthur)

Bagaimana jadinya jika kepercayaan generasi muda akan Indonesia tanpa korupsi hanya lembayung angan-angan yang menguap di tengah hiruk-pikuk rutinitas? Bisa jadi, harapan dan impian bersama kita semua akan Indonesia yang bersih dan maju tanpa korupsi hanya isapan jempol belaka. But hey, itu tidak ada di workshop ini. Satu workshop kreatif bertajuk “My Dream, My Way, My Action” yang diselenggarakan SPEAK (Suara Pemuda anti-Korupsi) bekerjasama dengan Ashoka Indonesia menawarkan sesuatu yang berbeda dan membangkitkan semangat perubahan. Bertempat di SMA Gonzaga, Jakarta Selatan, workshop dua hari  (29-30/07/2011) ini memberikan pendekatan yang fun dan segar kepada peserta.

My Dream, My Way, My Action merupakan salah satu rangkaian perjalanan program AksiKita yang diinisiasi oleh SPEAK dan difasilitasi oleh Transparency International Indonesia (TI-Indonesia). Melalui program AksiKita, SPEAK dengan Ashoka Indonesia mengajak anak-anak muda berusia 15-25 tahun untuk mengubah persepsi bahwa korupsi bukan topik yang berat untuk dibicarakan. Korupsi bukan selalu tentang pejabat pemerintah yang mengeruk uang negara, tetapi sesuatu yang begitu dekat dengan kehidupan sehari-hari.

Kelas dibagi menjadi dua kelompok besar. Masing-masing fasilitator dari TI-Indonesia dan Ashoka berbagi tugas memberikan materi yang seru. Tidak kurang dari 50 slide presentasi selama dua hari dipaparkan kepada peserta. Musik, gerak, gambar, testimoni dan pelibatan aktif seluruh peserta mewarnai proses workshop ini. Pembekalan kepada kawan-kawan muda yang berisi pengetahuan untuk mengenali dan mempraktikkan prinsip-prinsip kewirausahaan sosial dalam menjalankan gagasan sosial melawan korupsi di lingkungan sekitarnya, menjadi premis utama kegiatan ini.

Salah satu tujuan jangka panjang program Aksi Kita adalah menjaring para pembaharu muda (Young Changemaker/ YCM) yang di kemudian hari aktif membawa perubahan sosial bagi lingkungan sekitarnya. Kawan-kawan muda yang tertarik bergabung dengan program ini tak hanya difasilitasi untuk berkumpul dengan teman-teman sebayanya, namun juga diberi ruang untuk saling bertukar ide, saling menginspirasi, sekaligus belajar dan bertumbuh bersama. Bukan itu saja, mereka juga akan difasilitasi untuk membangun komunitas dan diberi kesempatan seluas-luasnya untuk menyampaikan serta mewujudkan gagasan inovatif agar semakin banyak pembaharu-pembaharu muda yang lahir di negeri ini.

Jadi, tertarik ikut workshop My Dream, My Way, My Action? Daftar dan hadir saja ke FMIPA UI pada 12 – 13 Agustus 2011 nanti. Kawan-kawan muda bisa mendapatkan pengalaman seru, berbagi pengalaman kreatif, dan kesempatan untuk menjadi pembaharu muda. Kuncinya, tetap memelihara harapan, impian dan keyakinan bahwa suatu hari dan seterusnya, Indonesia BISA bebas dari korupsi.

Salam muda kreatif untuk Indonesia tanpa korupsi! [LT]