Cikarang (Mitra News) 19 Juni 2011, hari kedua wokshop “My Dream, My Way, My Action” di President University. Workshop ini adalah sesi lanjutan pada 18 Juni 2011 yang lalu. Workshop yang bertema anak muda dan agen perubahan sosial anti korupsi ini diselenggarakan atas kerja sama Suara Pemuda Anti Korupsi (SPEAK!), Transparency International Indonesia (TII), Young Changemakers ASHOKA. Selama dua hari, peserta diajak untuk menemukan bakat dan passion nya (discover)-bermimpi (dream)-merancang (design) dan melakukan perubahan sosial secara kongkrit (deliver) untuk masyarakat disekitarnya.

Jika di hari pertama peserta diajak untuk menemukan minatnya (passion), maka di hari kedua ini peserta diajak untuk merumuskan aksi nyata untuk lingkungan sosialnya. Di hari ini peserta diajak untuk mengikuti tiga tahap lanjutan menuju aksi sosial nyata dalam melawan korupsi, yakni dream, design, dan deliver.

Workshop dibuka dengan games uji kekompakan dan kreativititas kelompok bernama “chabucaca”. Pada games ini peserta harus menirukan gerak peserta disampingnya, yang pertama kali dibuat gerakannya oleh ketua kelompok, sampai satu lingkaran penuh bergerak melanjutkan gerakan orang sebelumnya. Sebenarnya permainan ini adalah replika mini dari aksi antikorupsi yang harus mudah dan cepat diduplikasi agar dapat dijaga keberlanjutannya.

Setelah games, peserta diajak untuk sedikit flash back dengan menajamkan isu anti korupsi yang ada disekitarnya, untuk dijadikan social venture bertajuk #AKSIKITA. Review ini dilakukan secara komprehensif agar dapat kokoh jika dibawa ke stage berikutnya. Sesi pendalaman venture pun dieksplorasi dengan banyak cara, seperti pembuatan iklan secara kreatif, pengelomokkan isu berdasarkan venture yag ingin dibuat, pembuatan vision board untuk jangka waktu dua tahun, sampai merunut aksi secara detail per bulannya.

Beberapa contoh social venture yang akan dikerjakan oleh peserta adalah “Agen Bintang”, “Anti Time Corruption at Collage”, “Anti Corruption Music School”, “Your Hand”, “Let It Be!”, “E-duplication”, “Anak Ibu Cerdas” dan “Demen Main”. Misalnya Anti Time Corruption adalah social venture yang akan dikoordinir oleh Michael dan Abdi yang memiliki ide untuk membuat Pakta Integritas, petisi yang akhirnya kontrak penjanjian antara dosen dan mahasiswa President University untuk datang dan selesai kuliah tepat waktu. Sedangkan Your Hand adalah ide sosial untuk mengumpulkan donasi dari mahasiswa dan masyarakat untuk melakukan aksi sosial di pemukiman penduduk SSE C dan D di belakang President University, Cikarang, Bekasi.

“Anak muda itu gak perlu ngurusin yang “diatas”, karena mereka akan lengser. Gemburkan saja benih-benih integritas pada anak muda! Workshop ini membuat saya bisa belajar strategic planning untuk membuat social venture. Workshop “My Dream, My Way, My Action ini meyakinkan saya kalau anak muda bisa menjadi agen perubahan sosial!”, tukas Philip, project officer “Anti Corruption Music School” dengan penuh semangat.

AKSIKITA adalah aksi nyata anak muda untuk melakukan perubahan kecil yang berarti untuk mengatasi masalah sosial di sekitarnya, khususnya isu anti korupsi. (Har).

http://mitranews.com/index.php?pilih=news&mod=yes&aksi=lihat&id=587&judul=pembaharu-muda-anti-korupsi-siap-beraksi.html

Sumber :Mitra News