Lembaga Anti Corruption Commite (ACC) Sulawesi mengadakan kerjasama dengan Dinas Pendidikan Makassar dalam mengedukasi pelajar memerangi pemberantasan korupsi, Selasa (8/3/2016). Hal tersebut ditandai dengan pemjtaran film dokumenter berjudul, 'Menjaga Anak Kandung Reformasi'.

Acara ini berlangsung di SMA 5 Makassar Jl Batua Raya, yang dihadiri pereakilan 37 pelajar SMA dan SMK Se Makassar.
Turut hadir Wali Kota Makassar Danny Pomanto, Direktur ACC Sulawesi Abdul Muthalib, Kepala Dinas Pendidikan Makassar Alimuddin Tarawe, dan Sekjen Transparansi International Indonesia, Dadang Trisasongko.

Wali kota Makassar Danny Pomanto mengatakan korupsi adalah suatu perilaku jahat dan harus dilawan, Menurutnya, korupsi dapat merusak tatanan sosial, ekonomi dan moral. "Ini harus dilawan bersama-sama," katanya.

Untuk melawan korupsi, kata Danny harus dibuktikan dengan perbuatan yang dimulai dari diri sendiri. Danny menuturkan, upaya pemberantasan korupsi pada level pemerintahan dapat dilakukan dengan transparansi. Ia mencontohkan proses lelang jabatan dan lelang kepala sekolah yang telah diterapkan pemerintahannya mengacu pada semangat keterbukaan, dan transparansi yang hasilnya didasarkan pada standar kualitas dan kompetensi pejabat.

Sekjen Transparansi International Indonesia, Dadang Trisasongko mengatakan jika korupsi sebagai well organised crime yang harus dilawan bersama. "Korupsi adalah kejahatan yang terorganisir dengan baik," katanya.

Selain itu, Abdul Muthalib mengatakan jika pemberantasan korupsi di Indonesia bukanlah pekerjaan muda.
Olehnya dibutuhkan komitmen dari semua pihak untuk melawan korupsi termasuk keterlibatan anak - anak sekolah dengan menanamkan perilaku anti korupsi sejak dini.

Film dokumentar yang diputarkan menceritakan awal lahirnya lembaga anti rasuah di Indonesia, KPK. Sejak awal kelahirannya, KPK telah menangkap ratusan koruptor dan menjebloskan ke penjara. KPK sebagai lembaga yang telah lahir dari gerakan reformasi di tahun 1998, terus konsisten dalam pemberantasan korupsi.(*)

Sumber :Tribun Makassar