againsts-corruption

Kategori:Umum
Kata Kunci:Pakta Integritas
Deskripsi:

Salah satu alat pencegahan korupsi, pertama kali dikeluarkan oleh Transparency International pada tahun 1990an, yang telah diadopsi oleh berbagai negara dalam rangka pembaharuan sistem kepemerintahan untuk meminimalkan perilaku korupsi, khususnya dalam aktivitas penyediaan barang dan jasa.

Filosofi dasarnya adalah berusaha membuat transaksi bisnis di antara kontraktor menjadi lebih fair, sekaligus mampu menimbulkan hak dan kewajiban para pihak, tanpa mengubah hukum setempat. Pakta Integritas tidak hanya sekedar janji tetapi harus memenuhi 9 prinsip,yaitu: 1) Komitmen antikorupsi dari pemerintah, 2) Komitmen antikorupsi dari pihak swasta, 3) Komitmen pemerintah dan swasta terhadap partisipasi masyarakat, 4) Adanya fungsi Pemantau Independen, 5) Mekanisme Pengaduan, 6) Mekanisme pemberian penghargaan dan hukuman (reward and punishment), 7) Adanya mekanisme resolusi konflik (penyelesaian perselisihan), 8) Adanya kesepakatan batasan rahasia, 9) Mekanisme perlindungan saksi.

Peningkatan skor CPI lambat karena pemberantasan korupsi selama ini hanya fokus pada sektor birokrasi saja. Strategi pemberantasan korupsi nasional masih belum memberikan porsi besar terhadap korupsi politik, korupsi hukum, dan korupsi bisnis.

Dadang Trisasongko dalam peluncuruan CPI 2016
Index
Jajak Pendapat

Menurut anda apakah komposisi Pimpinan KPK sekarang dapat memberikan harapan pemberantasan korupsi kasus-kasus besar?

Ya
Tidak
Ragu-ragu
Total: 1929
Lihat hasil jejak pendapat

Please Wait

We are processing your request.

Please do not refresh this page.