Kepada Yth
Rekan-rekan Jurnalis
di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan hasil Corruption Perceptions Index (CPI) Transparency International tahun 2015, Indonesia menduduki peringkat 88 dari 168 negara, dengan skor 36 (0-100, sangat korup-sangat bersih). Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia mengalami peningkatan upaya-upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi secara bertahap sejak tahun 2006. Meskipun demikian, di tahun yang sama, gerakan antikorupsi juga mengalami serangkaian ancaman berupa kriminalisasi aktivis antikorupsi, rencana Revisi UU KPK, serta benturan-benturan lainnya yang melibatkan elit pemerintah dengan masyarakat sipil.

Berangkat dari kondisi tersebut, gagasan untuk menyelaraskan dan menyusun strategi bersama melawan korupsi di tahun 2016 ini penting untuk didorong dan diimplementasikan. Pelibatan elemen-elemen masyarakat sipil gerakan antikorupsi, demokrasi, dan HAM tentunya akan semakin memperkuat tujuan untuk merebut kembali ruang-ruang advokasi yang dibatasi tersebut.

Maka, sebagai upaya untuk mewadahi urgensi tersebut, kami dari Transparency International Indonesia (TII) ingin mengundang Rekan-rekan untuk menghadiri dan meliput acara “Seminar Nasional Anti-Corruption and Democracy Outlook 2016: Bersama Melawan Korupsi” yang akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal  : Selasa/15 Maret 2016
Waktu         : Pukul 08.00-17.00 WIB (Press Conference pukul 12.00-13.00 WIB)

Tempat        : Hotel Le Meridien, Jalan Jenderal Sudirman Kav. 18-20, Jakarta
Narasumber Press Conference :      

1. Dadang Trisasongko (Sekretaris Jendral TII)
2. Duta Besar Denmark untuk Indonesia
3. Laode M. Syarif (Wakil Ketua KPK)
4. Titi Anggraini (Direktur Eksekutif Perludem)
5. Haris Azhar (Koordinator Kontras)

Terlampir Terms of Reference (ToR) sebagai referensi serta gambaran umum acara ini dan panitia akan menyediakan ruang media. Untuk konfirmasi kehadiran dan memperoleh informasi lebih lanjut, silakan menghubungi Dwipoto Kusumo (081285515989, [email protected]).

Besar harapan kami agar Rekan-rekan dapat hadir dan meliput acara ini. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,
Transparency International Indonesia