Sejak tahun 1995, Transparency International (TI) secara rutin meluncurkan Corruption Perception Index (CPI). CPI adalah sebuah instrumen pengukur korupsi di sektor publik yang dapat diperbandingkan antar waktu dan antar negara.

Continue Reading

Dalam makna yang paling sederhana, korupsi diartikan sebagai tindakan menyelewengkan uang atau benda orang lain yang bukan menjadi haknya. Dalam arti luas, korupsi diartikan sebagai tindakan menyalahgunakan jabatan untuk keuntungan pribadi dan digunakan sebagai upaya untuk memperkaya diri sendiri, orang lain, atau korporasi.

Continue Reading

Memasuki usia 2 (dua) tahun pemerintahan Presiden Jokowi-JK mengeluarkan paket kebijakan reformasi hukum nasional. Ada 7 (tujuh) aspek revitalisasi hukum yang mencakup pelayanan publik, penyelesaian kasus, penataan regulasi, pembenahan manajemen perkara, penguatan SDM, penguatan kelembagaan dan pembangunan budaya hukum. Salah satu isu yang disorot adalah pemberantasan pungutan liar (pungli) di pelayanan publik. Isu ini sangat strategis karena berhubungan langsung dengan masyarakat.

Continue Reading

Menurut laporan Global Corruption Barometer yang dikeluarkan Transparency International tahun 2013, korupsi di Indonesia terjadi secara masif dan sistemik. Mulai dari kegiatan-kegiatan pelayanan publik dan keuangan yang dijalankan oleh birokrasi, hingga melingkupi lembaga-lembaga politik dan peradilan.

Continue Reading

Sebagai bentuk sikap kritis anak muda terhadap fenomena aktual yang terjadi di masyarakat khususnya terkait pertentangan antara moda transportasi konvensional dan online, kami dari Youth and Volunteerism Division Transparency International Indonesia (TII) ingin mengundang rekan-rekan media untuk menghadiri dan meliput acara “Seri Diskusi NGOPI (Ngobrol Pintar) - Transportasi Online: Bebas di Jalanan, Macet di Peraturan” yang akan diselenggarakan pada:

Continue Reading